Lama Baca 2 Menit

Fosil Dinosaurus Umur 125 Juta Tahun Ditemukan di China

17 May 2022, 11:55 WIB

Fosil Dinosaurus Umur 125 Juta Tahun Ditemukan di China-Image-1

Pekerja membersihkan fosil dinosaurus. Foto milik Museum Alam Bayannaoer - Image from nm.people.com.cn

Bayannur, Bolong.id - Peneliti Tiongkok menemukan fosil dinosaurus berusia sekitar 125 juta tahun di Daerah Otonomi Mongolia Dalam, Tiongkok utara. Fosil dalam kondisi bagus.

Dilansir dari 人民网 pada Senin (16/05/2022) para peneliti dari Museum Sejarah Alam Kota Bayannur, Mongolia Dalam, menemukannya selama inspeksi rutin Urad Back Banner.

Hasil penelitian menunjukkan, itu fosil dinosaurus jenis iguanodon dewasa, yang hidup pada periode Kapur Awal, kata Dai Ruiming dari pihak museum.

Para peneliti sedang membersihkan dan memperkuat kerangka raksasa dinosaurus herbivora besar itu.

Fosil akan dibawa untuk studi lebih lanjut. Juga, pemerintah akan membangun museum pemakaman in-situ untuk perlindungan, kata Dai.

Terkait dinosaurus, dijelaskan Dai, Periode Cretaceous, yang dimulai 137 juta tahun yang lalu dan berakhir 65 juta tahun yang lalu, adalah terakhir kalinya dinosaurus menguasai planet ini.

Fosil bisa dipelajari, untuk mengetahui evolusi, kondisi kehidupan, dan proses kepunahannya.

Urad Back Banner Mongolia Dalam dijuluki "Kota kelahiran dinosaurus" di Tiongkok. Sejauh ini, fosil 19 spesies dinosaurus telah ditemukan di sana.(*)